Diduga, LKPJ Dinkes Kab. Cirebon Banyak Penyimpangan

0
238

KABUPATEN CIREBON,-  Laporan Kegiatan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahunan merupakan laporan kegiatan baik keuangan maupun administrasi  dalam satu tahun anggaran. Demikian pula yang terjadi pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon yang juga membuat LKPJ Tahun anggaran 2017.

Berdasarkan hasil beberapa temuan Inapos, banyak anggaran dari APBD yang terserap, untuk pembangunan infrastruktur di Dinkes.

Antaranya pembangunan gedung, kantor, puskesmas dan lainya. Anggaran yang sudah di keluarkan oleh pemerintah, kadang tidak sesuai apa yang kita harapkan. Sedangkan anggaran yang sudah di keluarkan sangat besar. Membuat laporan kadang tidak sesuai pelaksanaan yang ada di lapangan.

Guna menelusuri dugaan penyimpangan tersebut, Inapos mencoba kroscek di lapangan, ternyata benar.

Dugaan bahwa pelaksanaan pembangunan Puskesmas tidak sesuai apa yang jadi aturan yang di tetapkan menteri kesehatan.

Dari hasil penyusuran pada Empat Puskesmas di Kabupaten Cirebon pada Kamis (21/2/2019), tidak ditemukan alat penangkal petir dan lahan parkir, seperti yang disampaikan dalam LKPJ 2018.

Ditemukan pula sesuai pernyataan beberapa Kepala Desa (Kuwu), banyak anggaran untuk bayar sewa tanah pada 48 Puskesmas itu, tidak ada.

Salah satu Kuwu, yang tidak mau disebutkan namanya, manyatakan bahwa tidak ada uang sewa tanah tersebut.

“Saya selama manjadi Kuwu tidak, pernah menerima uang sewa Puskesmas di wilayah saya. Kalau memang benar adanya sewa gedung Puskesmas. Berarti Dinkes Kabupaten Cirebon, akan saya pertanyakan,” tutur Kuwu tersebut.

Sampai berita ini diturunkan, pihak terkait masih belum bisa dihubungi. (Andri)


Komentar Anda?