KOTA CIREBON.- Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon adakan pelayanan keliling penerbitan E-KTP dan Akta Kelahiran di halaman masjid Cadasngampar Kelurahan Agasunya Kecamatan Harjamukti, Kamis (11/01).

Adapun pelayanan tersebut memuat beberapa program yang digagas, pertama program babad surat keterangan (suket) yang diganti oleh E-KTP langsung cetak. Kedua E-KTP yang rusak langsung dicetak kembali, ketiga yang sudah direkam tetapi belum mendapatkan E-KTP langsung dicetak. Selain itu ada program akte kelahiran langsung cetak.
Kepala Disdukcapil melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Drs. Rahmat Saleh menuturkan program pelayanan keliling ini bertujuan untuk percepatan pembuatan E-KTP untuk menghadapi Pilkada serta Pemilu 2019, Serta untuk percepatan Akte Kelahiran usia 0 sampai dengan 18 tahun. Disamping itu pihaknya menurunkan Tim untuk kelancaran program tersebut dengan mengerahkan 10 orang terdiri dari administrasi catatan sipil 6 orang serta 4 orang dari bidang PIAK.
“Program pelayanan keliling ini bertujuan untuk Pilkada dan Pemilu 2019 khusus E-KTP. Tim yang diturunkan sebanyak 10 orang yang terbagi dari dua bidang, bidang capil 6 orang, bidang SIAK 4 orang,” jelasnya.
Lanjutnya, hasil program pelayanan keliling kali ini pendaftar untuk Akte Kelahiran mencapai 50 orang, akte yang sudah dicetak sesuai persyaratan sebanyak 24 orang. Sedangkan untuk pendaftar E-KTP sebanyak 82 orang, yang sudah tercetak sebanyak 45 orang, sisanya dapat diambil dikantor disdukcapil dikarenakan waktu yang tiidak memungkinkan dan kendala sinyal internet.
“Kedepan kami akan laksanakan program kartu keluarga, akte kelahiran, akte kematian, E-KTP dan Perekaman E-KTP yang semuanya bisa langsung dicetak ditempat yang sudah sesuai dengan persyaratan,” pungkasnya.
Ia berharap semua masyarakat Kota Cirebon tertib dalam hal dokumen kependudukan yang dapat bermanfaat untuk kebutuhan publik. (Kris).


Komentar Anda?