Bela Palestina, Sekber Pribumi Serukan Usir Dubes Amerika

Bela Palestina, Sekber Pribumi Serukan Usir Dubes Amerika

Inapos, Jakarta.- Puluhan Ormas dan Gerakan Mahasiswa yang tergabung dalam Sekretariat Bersama (Sekber-Pribumi Bangkit) yang bermarkas di Menteng Raya 58. Mereka datang ke Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat untuk mengecam atas tindakan yang dilakukan oleh Donald Trump yang menyatakan Yerusalem sebagai Ibukota dari Israel.

Aksi yang dilakukan seusai Shalat Jumat, satu persatu perwakilan dari Ormas dan Mahasiswa menyerukan untuk segera mengusir Dubes Amerika lalu menarik Dubes Indonesia dari Amerika, Jumat (15/17/12).

Selain itu, para demonstran juga hendak merangsek masuk kedalam Kedubes Amerika, namun dihadang oleh aparat kepolisian yang berjaga, hingga terjadi gesekan. Selain orasi demonstran juga berteatrikal dengan membakar bendera Amerika Serikat (AS) dan Israel, dibakar di depan Gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat, Gambir, Jakarta Pusat.

Sembari membakar, para pendemo melantunkan shalawat dan takbir. Pernyataan Trump tersebut mereka nilai sebagai bentuk dari dukungan Amerika Serikat atas penjajahan Israel terhadap Palestina.

“Usir Dubes AS dari NKRI, Boikot semua produk zionis dan antek-anteknya,” ujar koordinator aksi Diko Nugroho yang juga sebagai presidium Sekber Pribumi Bangkit.

Selain itu Diko juga meminta kepada Presiden RI Joko Widodo untuk menarik Dubes Indonesia dari Amerika karena tidak ada untungnya Indonesia berhubungan dengan AS, karena menurutnya, banyak kekayaan Indonesia seperti Freeport dan hasil bumi lainnya hanya menguntungkan negara AS. Oleh karena itu dirinya meminta kepada Presiden RI mengusir Dubes AS dari Indonesia.

Dalam pantauan Inapos.com massa yang datang diantaranya dari Bang Japar, FSI, GPI, GPK, FNMPI dan lainnya. (Elwan)

Comments